Dewan Himbau Pemkab Siap Siaga, Waspada Kemarau Panjang

oleh -44 Dilihat

Jambioke.com- Anggota DPRD Kabupaten Batanghari Sirojudin, menghimbau Pemerintah Daerah (Pemda) di kabupaten Batanghari untuk mewaspadai terjadinya musim kemarau panjang.

“Kita berharap, Pemda untuk siap siaga dan berjaga-jaga akan kemungkinan terjadinya kekeringan disejumlah wilayah karena dampak El-Nino,”ujarnya, (28/7/2024).

Melihat fenomena alam dimana hujan sudah jarang terjadi dan suhu yang semakin meningkat, Fraksi Golkar ini berharap imbauannya menjadi alarm untuk pihak Pemda setempat.

Karena kata dia, di Batanghari masih banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan bertani. Tentunya kemarau akan sangat berdampak terhadap kehidupan mereka.

“Fenomena ini bisa berdampak pada terjadinya gagal panen untuk sejumlah lahan pertanian yang menggunakan tadah hujan,” tuturnya.

Selain itu lanjutnya, semua pihak juga diharapkan untuk waspada terhadap potensi kebakaran, terutama mengingat angin kencang yang sering terjadi di kabupaten Batanghari.

Dirinya berharap, Pemda mulai dari sekarang sudah mempersiapkan sejumlah langkah untuk mengatasinya jika kekeringan benar-benar terjadi.

Pemda dapat dengan khusus memerintahkan terkait, seperti Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD untuk tetap waspada dan siap tanggap menghadapi bencana.

“Pentingnya pendidikan masyarakat tentang bencana serta instruksi kepada tim penanggulangan bencana juga diharapkan dapat mengurangi kerugian dengan menghadapi potensi bencana secara cepat dan efektif,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.