Bupati Fadhil Harapkan Sektor Perkebunan Kelapa Sawit Terus Ditingkatkan

oleh -32 Dilihat

Jambioke.com- Tidak hanya disektor pertanian padi sawah, Bupati Batanghari Fadhil Arief juga genjot sektor perkebunan kelapa sawit.

Seperti saat melakukan penanaman simbolis perdana Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) diBukit Harapan, Kecamatan Mersam, Selasa (6/8/2024)

Program PSR di salurkan melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) KUD Sumber Rezeki Desa Bukit Harapan.

Dalam laporan kegiatan ini Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Mara Mulya Pane menyampaikan, perkembangan PSR di Kabupaten Batanghari hingga tahun 2024 seluas 2.320,8723 (Ha) dengan serapan dana sebesar Rp.86.620.581.500′- yang telah di realisasikan.

Di sini juga kebermanfaatan BPDPKS tidak hanya di peremajaan kebun saja, pemberian beasiswa kepada anak petani/perkebunan mendapatkan dampak positifnya.

“Dan demi meningkatkan mobilitas hasil kebun, melalui BPDPKS telah di bangun jalan produksi yang representatif di beberapa titik di Kabupaten Batanghari. “Pane melaporkan.

Mengawali sambutan Bupati mengatakan, di Kabupaten Batang Hari terdapat 19.603 (Ha) lahan perkebunan kelapa sawit yang seharusnya di lakukan peremajaan, karena hal ini di nilai sudah tidak lagi ekonomis.

Sedangkan yang baru terealisasi hingga sekarang seluas 2.320,8723 (Ha). Setelah di evaluasi sebagian permasalahanya.

Adanya kekhawatiran petani tidak ada penghasilan pada masa lahan perkebunannya dalam proses peremajaan hingga menghasilkan.

Bupati Fadhil Arief-Bakhtiar berharap adanya solusi mendapatkan penghasilan pengganti pada masa itu.

“Pihak perkebunan bisa kerja sama dengan pertanian, menciptakan lahan pertanian di lahan yang sama dapat bernilai produktif sebagai penghasilan pengganti, “Bupati melanjutkan sambutan”.

No More Posts Available.

No more pages to load.